Residen Rehab Lapas Polewali Diajarkan Cara Mengelola ‘Stres’

Berbagi Berita !

Polewali- Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Polewali sebagai salah satu UPT yang ditunjuk Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dalam menyelenggarakan Program Rehabilitasi Sosial Bagi WBP Kasus Narkotika T.A. 2020 terus lakukan kegiatan positif.

Sebagai upaya membantu residen memperbaiki kemampuan fisik, psikologis, dan sosial sehingga dapat terbebas dari ketergantungan narkotika, kegiatan yang bersifat penyuluhan terus ditekankan dalam pelaksanaan Rehabilitasi Sosial. Hal ini tergambarkan dalam Kegiatan Classroom yang berlangsung Sabtu pagi di Aula Nusantara Lapas Kelas IIB Polewali. (14/03/2020)

Classroom yang dilaksanakan hari ini membahas materi berjudul ‘Coping Skill’. Program Manager (PM) Rehabilitasi Sosial Lapas Kelas IIB Polewali, Ikhsan, S.Pd., menjadi narasumber/pembicara pada kesempatan tersebut.

Coping Skill adalah kemampuan atau usaha dan upaya yang dilakukan individu untuk melindungi diri, menangani dan mencegah dari situasi yang dianggap membebani atau mengancam dirinya atau mengubah situasi stres.

Dalam pemaparannya, Ikhsan,S.Pd., menjelaskan bahwa setiap individu punya tingkat stres yang berbeda.
“Setiap Individu punya masalah, namun yang membedakan ialah cara mengelola stres tersebut. Coping Skill ini merupakan kemampuan individu untuk mengelola stres atau keluar dari situasi yang membebaninya.” Ujar Ikhsan.

Selain itu Classroom dengan materi tersebut memang sengaja dipilih mengingat situasi residen yang berada dalam Lapas seringkali didapati stres dengan hukuman yang didapatkan.
“Dalam klasifikasinya, terdapat istilah yang disebut emotion focused coping, yang diartikan sebagai upaya individu untuk mengatur dan mengurangi emosi dengan cara tidak berhadapan langsung dengan stresor. Artinya bahwa masalah yang dihadapi akan berkurang jika tidak sering dipikirkan, oleh itu kita harus punya aktifitas lain untuk dapat melupakan maslaah yang kita hadapi.” Ujar Ikhsan.

Classroom ini dikuti oleh 100 residen/ WBP Lapas Polewai. Kegiatan Classroom ini dilaksanakn setelah kegiatan rutin general briefing ditiap pagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close