PRESS RELEASE : Kronologi Meninggalnya Hamka, Napi Lapas Polewali

Berbagi Berita !

Polewali Mandar- Berita duka datang dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Polewali, Narapidana Kasus Narkotika atas nama Hamka Alias Oje meninggal dunia setelah dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Polewali Mandar. Hamka dinyatakan meninggal dunia pada pukul 05:45 Wita Sabtu Dinihari. (16/02/2019)

“Yang bersangkutan merupakan penghuni di blok Melati. WBP tersebut merupakan Narapidana Kasus Narkotika dengan pidana 5 tahun dan 3 bulan penjara serta denda Rp. 1.000.000.000,- subsider 3 bulan penjara. Namun sepanjang menjalani masa pidana di Lapas Polewali, yang bersangkutan tidak pernah mengeluh sakit dan tidak memiliki riwayat sakit.” Ujar Kasubsi Registrasi, Asriani Darmawan, S.Pd.I

Adapun kronologi kejadian tersebut, pada sekitar pukul 22.05 wita, terdengar suara minta tolong dari Blok Melati untuk dibuka karena ada yang sakit. Kemudian pukul 22.08, Petugas Perawat Lapas Polewali langsung menangani WBP yang sakit tersebut. Dan diketahui bahwa tensi Hamka ternyata 190/120 serta kondisi kesadaran menurun sebab tidak ada respon saat dicubit.

Sekitar pukul 22.20 wita Napi tersebut dikeluarkan dari Lapas Polewali dan dilarikan ke RSUD Kabupaten Polewali Mandar dan langsung ditangani oleh tim dokter di Unit Gawat Darurat. Pihak keluarga Hamka yang dihubungi seketika, tiba di RSUD pada pukul 23.30 wita dan ikut menjaga pemeriksaan dokter.

Atas saran dokter yang menangani dan persetujuan dari pihak keluarga, Hamka akhirnya di CT Scan pada pukul 01.30 wita. Dan hasilnya terdapat pembuluh darah yang pecah. Musyawarah yang dilakukan antara pihak Lapas dan keluarga Hamka memutuskan untuk dimasukkan ke ruang ICU pada pukul 02.00 wita. Namun karena ruang ICU penuh, maka Hamka tetap di ruang UGD namun mendapatkan tindakan medis.

Pada pukul 05.45 wita, Pasien WBP atas nama Hamka dinyatakan meninggal dunia. Dan guna keperluan kelengkapan laporan yang bersangkutan diambil sidik jarinya pada pukul 06.30 wita.

Keluarga yang mendampingi proses medis Hamka, bisa menerima atas musibah yang dialami. Atas permintaan keluarga pula jenazah Hamka langsung dibawa ke kediamannya dan diizinkan untuk tidak dibawa ke Lapas Polewali. Penyerahan jenazah dan barang Hamka Alias Oje dilaksanakan di rumah duka (Wonomulyo) pada Sabtu, 16 Februari 2019 pukul 12.00 Wita.

Kepala Lapas Polewali yang hadir langsung pada saat di Rumah Sakit dan di rumah duka mengaku prosedur yang dilakukan untuk Napi tersebut sudah sesuai dengan aturan yang ada. Beliau menambahkan bahwa Hamka saat ini sementara menjalani masa asimilasi.

“WBP atas nama Hamka Alias Oje saat ini sementara menjalani masa asimilasi di Yayasan Al-Muttaqqin Polewali Mandar sebagai syarat menjalani Pembebasan Bersyarat. Duka yang mendalam saya ucapkan kepada keluarga yang ditinggalkan.” Ujar Haryoto, S.Sos.

Warga Binaan Lapas Polewali yang bergama Islam setelah mendengar kabar meninggalnya Hamka melaksanakan sholat ghoib pada ba’da Dzuhur di Mesjid Lapas Polewali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close