Pohon Pustaka di Lapas Polewali

Berbagi Berita !

Perpustakaan menjadi hal penting bagi peningkatan pengetahuan dan pendidikan seluruh masyarakat. Oleh sebab itu perpustakaan menjadi hal yang penting terutama bagi seluruh institusi negara. Pentingnya perpustakaan karena wadah ini menjadi pusat pengetahuan dan masyarakat dapat memanfaatkan perpustakaan sebagai wahana rekreasi dan meningkatkan keterampilan melalu kegiatan membaca.

Seperti halnya di Lembaga Pemasyarakatan, jeruji besi tak mengahalangi warga binaan dalam meningkatkan pengetahuan dan ilmunya. Sehingga sarana dan prasarana penunjang harus memadaai.

Sejatinya perpustakaan Lapas Kelas IIB Polewali memang sudah ada sejak lama, namun tak menarik minat baca dari Warga Binaan lantaran sepi pengunjung.

Langkah inovatif diwujudkan dalam membuat pohon pustaka. Pohon pustaka merupakan perpustakaan yang diinisiasi oleh CPNS Lapas Polewali, Arwinni Rezki.

Meletakkan perpustakaan di bawah pohon yang rindang dan menjadi sentral perkumpulan warga binaan, adalah langkah yang tepat guna menarik minat baca Warga Binaan Pemasyarakatan.

Pemanfaatan lahan ini dikarenakan tempat yang paling banyak dijadikan tempat berkumpul dan bersantai WBP adalah dibawah pohon tersebut. Sehingga muncullah ide membuat pohon pustaka ini.

Pohon Pustaka Lapole (Lapas Polewali) ini menyajikan buku bacaan baru hasil sumbangan berbagai instansi daerah dan donatur lainnya.

Kini akses dalam menambah ilmu pengetahuan dapat dirasakan oleh seluruh warga negara yang menjadi non-derogable rights (hak asasi manusia yang tidak dapat dibatasi dalam keadaan apapun) termasuk Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close