Perlunya optimalisasi pembinaan insan Pemasyarakatan

Berbagi Berita !

Menjadi insan pemasyarakatan atau petugas lapas yang merupakan pembina, bukan hal remeh temeh, karena mereka berhadapan langsung dengan warga binaan pemasyarakatan yang notabene mereka memiliki latar belakang yang kelabu atau bahkan gelap. Tidak sedikit petugas yang harus dirontokkan atribut karena terkontaminasi dengan warga binaan yang seharusnya bisa dibina ke jalan yang benar.

Dalam upaya ini, Lapas Polman memberi dasar kepada 21 CPNS melalui pembentukan karakter. 14 CPNS muslim diperintahkan mengikuti program ishlah diri. Selama 3 hari mereka i’tikaf di Masjid Masyra’atul Akhirat, Amola Binuang bersama Kalapas, Haryoto. Tidak hanya CPNS, dua warga binaan muslim yang menjelang bebas pun menjadi program Kalapas.

“Bagaimana mereka (wbp) akan kembali ke masyarakat dengan baik, tidak mengulang kejahatan, berpartisipasi dengan masyarakat dalam pembangunan kalau ruhaninya tidak dibangun, hanya sebatas pembangunan fisik melalui kemandirian tidak cukup. Kami merasa pembangunan yang hakiki adalah pembangunan jiwa, jelas Haryoto yang sudah memasuki bulan keempat masa tugasnya.

Tiga CPNS nasrani diperintahkan untuk ikut memberi pelayanan gereja, tiga muslimah bergabung dengan tim penyuluh dari kementerian agama kabupaten Polman, dalam rangka memahami tugas pelayan, karena hakikatnya aparatur sipil negara juga merupakan pelayan masyarakat
Lebih lanjut Haryoto menyampaikan bahwa program ini akan berlanjut kepada pegawai-pegawai senior.

Dalam pelaksanaan program ini, Lapas Polman bekerja sama dengan Yayasan Al Mutakin Polewali, yang sudah lama berjalan tetapi belum optimal dan efektif. “Harapan saya, melalui kerja sama ini, out came pembinaan Lapas Polman benar-benar dirasakan manfaat positifnya bagi masyarakat, pelaksanaan pidana penjara bukan hanya sekedar mengurung narapidana”, demikian lanjut Kalapas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close