Manfaatkan Lahan, Beranggang Lapas Polewali Menjadi Hijau dan Produktif

Berbagi Berita !

Polewali Mandar- Fungsi Lembaga Pemasyarakatan sebagai tempat pembinaan sudah banyak mendapat jempol dari berbagai kalangan. Sangat berbeda jauh dari sistem kepenjaraan di zaman dahulu yang menekankan efek jera bagi narapidana. Sedangkan saat ini dengan sistem pemasyarakatan, fokus terhadap pembinaan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Pembinaan yang diberikan sebagai salah satu tujuan utama Pemasyarakatan guna mempersiapkan para WBP disaat bebas nanti memiliki keahlian dan terampil serta produktif sehingga bisa membuka peluang usaha sendiri.

Salah satu kegiatan pembinaan yang diberikan kepada para WBP yang ada di Lapas, misalnya dalam kegiatan pertanian dan perkebunan.

Untuk program pembinaan kemandirian, kegiatan perkebunan jangka pendek Lapas Polewali memilih membudidayakan kangkung dan sawi.

Kegiatan perkebunan ini bertempat di sebelah selatan beranggang (ruang diantara tembok luar dan sell/blok huni) Lapas Polewali. Lahan di beranggang dipilih lantaran tekstur tanah yang baik dalam bercocok tanam, selain itu beranggang lebih kondusif dan lebih terawasi oleh petugas. Sebanyak lima orang Warga Binaan diberdayakan untuk kegiatan perkebunan ini yang tentunya diawasi oleh petugas. Beranggang yang selama ini jarang untuk diperhatikan bahkan cenderung sebagai tempat pembuangan, kini menjadi lahan perkebunan yang hijau dan produktif.

Hasil dari perkebunan ini nantinya disiapkan untuk mencukupi bahan sayuran bagi makanan warga binaan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close