Relawan Demokrasi KPU Polman Sosialisasi Pemilu Serentak 2019 Bagi WBP Lapas Polewali

Berbagi Berita !

Polewali Mandar- Pemilihan Umum Serentak tahun 2019 sudah tinggal menghitung hari lagi. Perhelatan sebagai wujud pesta demokrasi ini akan berlangsung 17 April mendatang. Komisi Penyelenggara Pemilu (KPU) sebagai lembaga yang menyelenggarakan pemilihan umum ini terus melakukan persiapan. Termasuk untuk mensosialisasikan tata cara pemilihan nantinya.

Persiapan juga dilakukan pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Polewali untuk menyambut perhelatan sekali dalam lima tahun tersebut. Setelah sebelumnya intens berkomunikasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Polman untuk melengkapi administrasi warga binaan pemasyarakatn seperti e-KTP, hari ini WBP juga dibekali pendidikan dan penyadaran pemilih dari KPU Polman. Bertempat di Mesjid Lapas Polewali seluruh WBP hadir dan mendengarkan penjelasan setelah ibadah shalat dhuzur. (21/02/2019)

Sosialisasi Pendidikan dan Penyadaran Pemilih guna menyongsong Pemilu Serentak 2019 ini mengahadirkan Relawan Demokrasi KPU Polman sebagai penyaji. Materi yang disampaikan seputaran pengenalan jenis surat suara yang digunakan nantinya.

“Terdapat 5 jenis surat suara nantinya yang akan digunakan, surat suara berwarna hijau untuk DPRD Kab./Kota, surat suara DPRD Provinsi, surat suara kuning untuk DPR-RI, surat suara merah untuk DPD-RI dan surat suara abu-abu untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.” Ungkap Darmawansyah pemateri dari Relawan Demokrasi KPU.

Sementara itu Kasi Bimnadik Lapas Polewali, Baharuddin, S.Pd yang hadir langsung memamntau jalannya sosialisasi didampingi Kasubsi Registrasi, Asriani Darmawan, S.Pd.I mengungkapkan agar seluruh WBP menggunakan hak pilihnya pada 17 April mendatang.

“Terima kasih untuk teman-teman Relasi (Relawan Demokrasi) KPU yang hadir untuk memberikan pemahaman lebih buat WBP kami, dan tentunya buat seluruh WBP untuk menggunakan hak pilihnya pada 17 April mendatang. Oleh sebab itu waktu yang ada kita gunakan untuk melengkapi syarat administratif guna menyambut Pemilu 2019 ini.” Terang Asriani, Kasubsi Registrasi Lapas Polewali.

Peningkatan partisipasi pemilu pada suatu Pemilihan Umum, merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan Pemilu dilaksanakan pada suatu daerah. Sebagaimna dalam target KPU RI untuk masing-masing KPU kapubaten se-Indonesia agar mencapai 77,5% partisipasi pemilih pada Pemilu serentak 2019 ini. Target tersebut sebetulnya tidak muluk-muluk sebab KPU Kabupaten Polewali Mandar sendiri mencapai 74,5% partisipasi pemilih pada Pemilihan sebelumnya. Sehingga hadirnya sosialisasi ini pada Lapas Polewali dapat membantu meningkatkan angka partisipasi pemilih pada Pemilu Serentak 2019.

Lapas Polewali sendiri saat inu memiliki kurang lebih 300 WBP yang terdaftar sebagai DPTb (Daftar Pemilih Tambahan) KPU Polman. Dan angka tersebut dipastikan akan berubah mengingat keluar-masuknya Tahanan dan Narapidana Lapas Polewali. Hal ini yang tentunya membuat KPU Polman dan Lapas Polewali terus melakukan koordinasu guna memastikan seluruh WBP mendapatkan hak pilihnya pada 17 April mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.